INFORMASI PENTING

Hari Buka Setiap Hari
Jam Buka 08.00 – 16.00 (Senin – Jumat)

07.00 – 19.00 (Sabtu & Minggu)

Harga Tiket Rp5.000
Fasilitas Kamar mandi air hangat

Mushola

Ojek

Kolam renang

Tempat pertemuan

 

 

BICARA soal liburan, air terjun tentunya wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata Anda. Selain karena pemandangan yang menakjubkan, air terjun bisa jadi pilihan untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk kota. Kemegahan sekaligus kesegaran air terjun ini juga bisa Anda dapatkan di Desa Berjo lho. Mampir saja ke Air Terjun Jumog!

Terletak di Dusun Jumog, air terjun yang diresmikan tahun 2004 silam ini menyuguhkan panorama air terjun alami dengan tinggi sekitar tiga puluh meter.  Untuk menikmati keindahannya, Anda bisa berkunjung pukul 08.00 hingga 16.00 untuk hari biasa dan pukul 07.00 hingga 19.00 untuk akhir pekan. Jangan lupa siapkan Rp5.000 untuk tiket masuknya. Khusus untuk anak berusia di bawah empat tahun, tiket bisa diperoleh secara gratis. Harga tiket ini tetap sama di hari libur. Murah bukan?

(Baca juga: Ini Dia 3 Alasan Kenapa Harus Berkunjung ke Air Terjun Jumog)

Untuk menuju ke sana, Anda bisa melewati loket atas atau bawah. Loket atas terletak sekitar tujuh ratus meter ke timur dari Balai Desa Berjo. Namun untuk menuju ke sana, medannya sedikit lebih curam ketimbang loket bawah.

Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, loket bawah menjadi alternatif yang lebih baik sebab lahan parkirnya yang lebih luas. Anda dapat masuk melalui loket bawah setelah menempuh sekitar satu kilometer dari jalan utama desa.

Memasuki kawasan wisata Air Terjun Jumog, Anda akan disambut dengan angin sejuk dan deras suara air terjun yang menyegarkan. Ketinggian Air Terjun Jumog mungkin tidak setinggi air terjun lainnya, namun justru inilah yang jadi kelebihannya. Pengunjung dapat bermain air di sini tanpa perlu khawatir dengan arus yang deras. Tanahnya keras, sehingga aman sebagai pijakan. Airnya pun jernih, sebab sumber mata airnya bebas dari limbah pemukiman. Saking bersihnya, mata air ini konon berkhasiat mampu menyembuhkan penyakit kulit, lho. Tertarik mencoba?

Sambil menikmati pemandangan air terjun, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di kolam renang Air Terjun Jumog. (Foto: Ami Rosemarwati)

Tak cuma itu saja, Air Terjun Jumog juga menyediakan fasilitas pelengkap lainnya seperti kolam renang dan Omah Gebyog. Untuk kolam renang, Anda tak perlu mengeluarkan sepeser uang pun kecuali jika ingin menyewa pelampung yang harganya Rp2.000. Lalu, ada Omah Gebyog, sebuah rumah kayu yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan.

Kuliner khas yang tak boleh Anda lewatkan adalah sate kelinci. Anda bisa meminta penjual untuk menggelar tikar dan menikmati sate kelinci di sana dengan air terjun sebagai latar pemandangannya. (Foto: Ami Rosemarwati)

Air Terjun Jumog memang spesial. Ia tak hanya menawarkan wisata alam yang begitu-begitu saja. Di dalamnya juga ada wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa memesan sate kelinci atau sate ayam dengan harga mulai dari sepuluh hingga lima belas ribu rupiah. Makanan enak plus pemandangan yang indah akan memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan!

JANGAN LUPAKAN INI

Apa yang perlu dibawa?

Nah, hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Air Terjun Jumog adalah udaranya yang dingin. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengenakan pakaian hangat. Juga, jangan lupa membawa pakaian ganti ya, terutama jika Anda memang berniat bermain air.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung?

Setiap hari! Namun jika Anda menyukai suasana yang lebih sepi, hindari hari besar atau hari libur nasional. Air Terjun Jumog termasuk salah satu lokasi wisata yang menarik banyak pengunjung. Bahkan di minggu-minggu lebaran, volume pengunjungnya bisa mencapai lebih dari lima ribu pengunjung!

Setiap sudut Air Terjun Jumog bisa menjadi spot foto yang bagus. Bersiaplah dengan kamera Anda untuk menangkap momen-momen yang menakjubkan! (Foto: Ami Rosemarwati)

Dimana spot foto terbaik?

Di sepanjang jalan menuju sumber air terjun utama, terdapat jembatan-jembatan kayu yang bisa Anda jadikan spot berfoto. Dari jembatan yang tertinggi, Anda bisa memperoleh pemandangan air terjun yang lebih jelas sebagai latar foto Anda! [Ami Rosemarwati]

Ami Rosemarwati

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Peta Lokasi Wisata Desa Berjo