SELAIN Air Terjun Grojogan Sewu, Gunung Lawu ternyata juga memiliki pesona air terjun lainnya yang tak kalah menarik lho. Datang saja ke Air Terjun Jumog yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karangayar.

Air Terjun Jumog atau singkatnya Jumog merupakan air terjun kebanggaan Desa Berjo. Warga Desa Berjo mengelola air terjun ini secara mandiri melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kesan kesederhanaan dan alami menjadi ciri khas air terjun yang memiliki julukan The Lost Paradise ini.

Meskipun sama-sama objek wisata air terjun, akan tetapi Jumog memiliki keunikannya tersendiri. Simak alasan mengapa Anda harus berkunjung ke Air Terjun Jumog berikut ini!

  1. Air yang Jernih
(Foto: Ami Rosemarwati)

Dengan tinggi sekitar tiga puluh meter, aliran air dari Jumog lebih jernih dibandingkan air terjun lainnya. Menurut Supardi, Ketua BUMDes, kejernihan Air Terjun Jumog ternyata berasal dari mata air langsung. Tidak adanya pemukinan dan Taman Hutan Raya yang mengelilingi sumber mata airnya membat Air Terjun Jumog semakin jernih dan bersih.

(Baca juga: Air Terjun Jumog, Paket Lengkap Wisata Panorama)

  1. Bermain, Berselfie, Berendam
(Foto: Ami Rosemarwati)

Para wisatawan diizinkan untuk bermain, berselfie, berendam di bawah Air Terjun Jumog. Aliran air terjunnya tidak menggerus tanah di bawahnya. Sehingga bagi Anda yang ingin menambah koleksi foto atau bermain di air terjun, Jumog dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang aman bagi Anda.

  1. Mengutamakan Keselamatan dan Kenyamanan
(Foto: Ami Rosemarwati)

Anda tak perlu khawatir saat berwisata di Jumog. Pihak Jumog telah menyediakan beberapa aturan yang menjamin keamanan dan kenyamanan Anda. Pada setiap tiket masuk, Jumog telah menyertakan asuransi bagi setiap pengunjung. Sebelum memasuki area wisata, pengunjung pun wajib melalui pemeriksaan barang bawaan.

Masih ragu untuk mengunjungi Jumog? Bagi Anda yang tertarik, Air Terjun Jumog buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB, untuk akhir pekan dari pukul 07.00-19.00 WIB. Yuk, berwisata ke Jumog! [Kartika Natasha]

Ami Rosemarwati

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Peta Lokasi Wisata Desa Berjo