SEDANG mencari referensi liburan yang masih alami? Telaga Madirda mungkin bisa jadi opsi. Terletak di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, telaga cantik yang satu ini tak kalah menarik dengan objek wisata lain di Karanganyar. Telaga ini tidak begitu besar, luasnya hanya sekitar 1200 meter persegi.

Keasrian dan kesederhanaan alam dari Telaga Madirda menjadi ciri khas telaga yang satu ini. Selain memiliki air yang jernih, telaga ini juga dikelilingi oleh persawahan dan pepohonan yang rindang. Di balik keindahan tersebut, rupanya terdapat kisah yang menarik untuk disimak lho.

Kisah ini bermula dari sepasang suami istri, Dewi Indradi dan Resi Gutama serta ketiga anaknya, Anjani, Subali dan Sugriwa. Diam-diam Dewi Indradi memiliki sebuah mustika yaitu Cupu Manik Astagina yang memiliki kesaktian untuk dapat melihat tempat-tempat di dunia tanpa harus mendatanginya. Mustika itu akhirnya diberikan kepada sang anak perempuan, Anjani. Kepemilikan ini membuat dua saudara Anjani menjadi iri. Demi menghindari perselisihan, akhirnya sang ayah Resi Gutama membuang mustika tersebut.

Ketika dilempar dan dibuang, Cupu Manik Astagina berubah menjadi sebuah telaga dengan air jernih yang kemudian dikenal sebagai Telaga Madirda. Konon, sumber mata air Telaga Madirda tidak pernah kering ataupun berlebih. Beberapa warga juga mempercayai bahwa di telaga inilah Hanoman lahir.

Lantaran kisah legenda tersebut, Telaga Madirda masih dianggap keramat oleh beberapa warga sekitar. Telaga ini sering menjadi tempat ritual misalnya untuk meminta keturunan dan ritual-ritual lainnya. Telaga Madirda juga menjadi salah satu tempat digelarnya upacara Melasti bagi umat Hindu di Karanganyar. Upacara Melasti memiliki makna penyucian diri dan alam dari sifat buruk manusia.

(Baca juga: Pesona Madirda)

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata liburan yang jauh dari keramaian, Telaga Madirda tentu dapat masuk ke dalam daftar objek wisata Anda. Melalui keasrian dan ketenangan yang ditawarkan, tentu pesona Telaga Madirda ini tidak boleh dilewatkan. Yuk berkunjung ke Telaga Madirda!  [Kartika Natasha]

Ami Rosemarwati

View all posts

Add comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Peta Lokasi Wisata Desa Berjo